Saat kita mendengar
kata grafik umumnya hal yang terlintas pertama kali di benak kita adalah sebuah
gambar diagram. Seperti halnya dengan citra, hal yang terlintas pertama kali di
benak kita pasti suatu yang berkaitan kehormatan.
Namun
nyatanya dalam istilah dunia komputer, grafik sendiri adalah proses untuk
menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi objek maupun latar belakang yang
terkandung pada gambar tersebut. Sedangkan citra berarti gambar yang diperoleh
dengan alat pengambil gambar layaknya kamera.
Dalam
dunia serba teknologi seperti sekarang ini, banyak sekali pemanfaatan dan
penerapan grafik komputer dan pengolahan citra pada berbagai bidang. Grafik
komputer maupun pengolahan citra diperlukan untuk menghasilkan sebuah objek
yang baik. Lalu, apa itu grafik komputer dan pengolahan citra? Serta apa
perbedaan dari mereka?
Grafik
komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan
citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik,
dan bahkan struktur abstrak. Berikut ini adalah penerapan dan pemanfaatan dari
ilmu grafik komputer:
1. Bidang Hiburan
Misalkan
pada film, grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik. Sudah banyak
film-film yang menggabungkan berbagai teknik, salah satunya penerapan grafik
komputer agar tercapai sebuah film dengan efek efek yang mengagumkan
2. Bidang
Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan
objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software
lainnya.
3. Computer
Art
Computer art adalah penggunaan
komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun,
potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau
eksterior, dan lain sebagainya.
4. Video
Game
Video
game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan
umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di
pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, hingga yang rumit, 3
dimensi, dan memerlukan resource banyak dari yang standalone hingga online network. Dari PC, console, hingga mobile devices.
5. Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya.
6. Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya.
7. Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi.
8. Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk mengkomunikasikan pesan.
Sedangkan pengolahan
citra adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang teknik-teknik
mengolah citra menggunakan ilmu komputer untuk menciptakan citra yang baru
sehingga manusia dapat menginterpretasikannya dengan mudah. Berikut ini adalah
penerapan dan pemanfaatan dari ilmu grafik pengolahan citra:
1. Bidang Medis
Pada bidang ini
tentunya kita pernah mengetahui adanya digital radiografi (rontgen), sedangkan
yang lebih spesifik untuk pencitraan medis antara lain PET (positron
emission tomography), CAT (computerized axial tomography), MRI (magnetic
resonance imaging), dan sebagainya. Secara prinsip aplikasi tersebut
berfungsi untuk melakukan pencitraan yang digunakan untuk analisis medis, yang
membedakan hanyalah modalitas pencitraan dan target pencitraannya.
2. Bidang Industri
Pengolahan citra
telah diaplikasikan dalam bidang industri kususnya industri manufaktur seperti
sistem safety, quality control, dan pengembangan kendaraan yang dipandu
otomatis oleh komputer/mesin.
3. Bidang Militer
Sudah tentu bidang
militer sangat membutuhkan pengolahan citra untuk pengolahan dan analisis
obyek-obyek visual seperti citra radar untuk menganalisis keberadaan obyek
secara otomatis. Penerapan lain juga telah dikembangkan suatu sistem pemandu
misil untuk mendeteksi target.
4. Bidang Keamanan dan Ketertiban
Saat
ini telah banyak dikembangkan peralatan untuk kebutuhan surveilance, yaitu
berbagai jenis cctv dan juga video recorder. Berkembangkan peralatan tersebut
terjadi mengingat pentingnya keamanan, sehingga dengan adanya sistem cctv mampu
memonitor suatu obyek tertentu tanpa henti. Pengembangan berikutnya adalah
pengembangan sistem pendeteksi gerak, pendeteksi manusia menggunakan teknik
biometrik seperti sidik jari, wajah, iris, dan pengenalan tangan juga telah
berkembang.
5. Bidang Peralatan Elektronik Konsumtif
Pengolahan citra banyak diaplikasikan pada peralatan elektronik
seperti camera digital, camcorders, smartphone, tablet, dimana pengolahan citra
menjadikan adanya aplikasi untuk peningkatan kualitas gambar serta kompresi
citra dan sebagainya.
REFERENSI:
- Ardhiani, Ocvita. ___. Pemanfaatan Grafika Komputer dalam Pengolahan Citra, [pdf]. (http://ocvita_ardhiani.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/55391/Pertemuan+3+penerapan+grafika+komputer_Ocvita.pdf, diakses tanggal 2 Oktober 2018).
- Dwijayanto, Arie. 2013. Penerapan Grafik Komputer di Berbagai Bidang, [online]. (https://ariedwijayanto.wordpress.com/2013/09/26/penerapan-grafik-komputer-di-berbagai-bidang/, diakses tanggal 2 Oktober 2018).
- Johary, Muhtadan. 2013. Aplikasi Pengolahan Citra dalam Aktivitas Manusia, [online]. (https://muhtadan.wordpress.com/2013/02/06/aplikasi-pengolahan-citra-dalam-aktifitas-manusia/, diakses tanggal 2 Oktober 2018).
- Putera, D Bummi. 2006. Grafik Komputer: Pendahuluan, [pdf]. (http://bummi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/27996/2+Grafik+Komp-Pendahuluan.pdf, diakses tanggal 2 Oktober 2018).
- RD. Kusumanto, dan Tompunu, Alan Novi. 2011. Pengolahan Citra Digital untuk Mendeteksi Obyek Menggunakan Pengolahan Warna Model Normalisasi RGB. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2011. ISBN 979-26-0255-0.
EmoticonEmoticon