Perbedaan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra serta Penerapannya dalam Berbagai Bidang

Saat kita mendengar kata grafik umumnya hal yang terlintas pertama kali di benak kita adalah sebuah gambar diagram. Seperti halnya dengan citra, hal yang terlintas pertama kali di benak kita pasti suatu yang berkaitan kehormatan.
Namun nyatanya dalam istilah dunia komputer, grafik sendiri adalah proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi objek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut. Sedangkan citra berarti gambar yang diperoleh dengan alat pengambil gambar layaknya kamera.
Dalam dunia serba teknologi seperti sekarang ini, banyak sekali pemanfaatan dan penerapan grafik komputer dan pengolahan citra pada berbagai bidang. Grafik komputer maupun pengolahan citra diperlukan untuk menghasilkan sebuah objek yang baik. Lalu, apa itu grafik komputer dan pengolahan citra? Serta apa perbedaan dari mereka?

Grafik komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik, dan bahkan struktur abstrak. Berikut ini adalah penerapan dan pemanfaatan dari ilmu grafik komputer:

1.      Bidang Hiburan
Misalkan pada film, grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik. Sudah banyak film-film yang menggabungkan berbagai teknik, salah satunya penerapan grafik komputer agar tercapai sebuah film dengan efek efek yang mengagumkan

Iron-Man-3-Flying

2.      Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.

t1larg.zuckerberg.presentation.gi 
3.      Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya.

Desain-interior-ruang-keluarga-2

4.    Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak dari yang standalone hingga online network. Dari PC, console, hingga mobile devices.


5.      Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya.


6.      Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya.

rational-rose-developer-for-java

7.      Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi.

virtual_reality

8.      Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk mengkomunikasikan pesan.

159876402_d7fa030e03



Sedangkan pengolahan citra adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang teknik-teknik mengolah citra menggunakan ilmu komputer untuk menciptakan citra yang baru sehingga manusia dapat menginterpretasikannya dengan mudah. Berikut ini adalah penerapan dan pemanfaatan dari ilmu grafik pengolahan citra:

1.      Bidang Medis
Pada bidang ini tentunya kita pernah mengetahui adanya digital radiografi (rontgen), sedangkan yang lebih spesifik untuk pencitraan medis antara lain PET (positron emission tomography), CAT (computerized axial tomography), MRI (magnetic resonance imaging), dan sebagainya. Secara prinsip aplikasi tersebut berfungsi untuk melakukan pencitraan yang digunakan untuk analisis medis, yang membedakan hanyalah modalitas pencitraan dan target pencitraannya.


2.      Bidang Industri
Pengolahan citra telah diaplikasikan dalam bidang industri kususnya industri manufaktur seperti sistem safety, quality control, dan pengembangan kendaraan yang dipandu otomatis oleh komputer/mesin.

Gambar terkait

3.      Bidang Militer
Sudah tentu bidang militer sangat membutuhkan pengolahan citra untuk pengolahan dan analisis obyek-obyek visual seperti citra radar untuk menganalisis keberadaan obyek secara otomatis. Penerapan lain juga telah dikembangkan suatu sistem pemandu misil untuk mendeteksi target.


4.      Bidang Keamanan dan Ketertiban
Saat ini telah banyak dikembangkan peralatan untuk kebutuhan surveilance, yaitu berbagai jenis cctv dan juga video recorder. Berkembangkan peralatan tersebut terjadi mengingat pentingnya keamanan, sehingga dengan adanya sistem cctv mampu memonitor suatu obyek tertentu tanpa henti. Pengembangan berikutnya adalah pengembangan sistem pendeteksi gerak, pendeteksi manusia menggunakan teknik biometrik seperti sidik jari, wajah, iris, dan pengenalan tangan juga telah berkembang.

Hasil gambar untuk ilustrasi cctv

5.      Bidang Peralatan Elektronik Konsumtif
Pengolahan citra banyak diaplikasikan pada peralatan elektronik seperti camera digital, camcorders, smartphone, tablet, dimana pengolahan citra menjadikan adanya aplikasi untuk peningkatan kualitas gambar serta kompresi citra dan sebagainya.
           


Gambar terkait




REFERENSI:
  1. Ardhiani, Ocvita. ___. Pemanfaatan Grafika Komputer dalam Pengolahan Citra, [pdf]. (http://ocvita_ardhiani.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/55391/Pertemuan+3+penerapan+grafika+komputer_Ocvita.pdf, diakses tanggal 2 Oktober 2018).
  2. Dwijayanto, Arie. 2013. Penerapan Grafik Komputer di Berbagai Bidang, [online]. (https://ariedwijayanto.wordpress.com/2013/09/26/penerapan-grafik-komputer-di-berbagai-bidang/, diakses tanggal 2 Oktober 2018).
  3. Johary, Muhtadan. 2013. Aplikasi Pengolahan Citra dalam Aktivitas Manusia, [online]. (https://muhtadan.wordpress.com/2013/02/06/aplikasi-pengolahan-citra-dalam-aktifitas-manusia/, diakses tanggal 2 Oktober 2018).
  4. Putera, D Bummi. 2006. Grafik Komputer: Pendahuluan, [pdf]. (http://bummi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/27996/2+Grafik+Komp-Pendahuluan.pdf, diakses tanggal 2 Oktober 2018).
  5. RD. Kusumanto, dan Tompunu, Alan Novi. 2011. Pengolahan Citra Digital untuk Mendeteksi Obyek Menggunakan Pengolahan Warna Model Normalisasi RGB. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2011. ISBN 979-26-0255-0.




EmoticonEmoticon